Tips Liburan Menyenangkan Bersama Anak Kecil Lengkap

Tips Liburan Menyenangkan Bersama Anak Kecil Lengkap

Tips Liburan Menyenangkan Bersama Anak Kecil
Tips Liburan Bersama Anak Kecil

Tips Liburan Menyenangkan Bersama Anak Kecil – Liburan bersama dengan keluarga tentu jadi momen yang berharga, karena tidak bisa setiap hari dilakukan. Menyediakan waktu khusus untuk liburan bersama anak, bakal jadi pengalaman yang menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga.

Berlibur bersama juga akan menambah erat hubungan antara orangtua dan anak. Ke manapun tujuan liburan yang direncanakan, hal yang terpenting untuk selalau dipertimbangkan adalah  kondisi anak. 

Bagi yang memiliki anak balita, menyiapkan liburan memang harus dilakukan dengan matang. Terutama barang-barang keperluan dan mencari tempat yang ramah anak. Berikut tips yang Sahabat Dream ikuti agar liburan jadi tak kewalahan dan menyenangkan.

Nah, berikut ini merupakan tips liburan bersama si kecil agar liburan Anda tetap terasa menyenangkan.

Bepergian Saat Low Season

Anda pasti tau jika traveling saat low season antara bulan Februari sampai Mei dan Agustus sampai November, harga hotel maupun tiket pesawat tergolong murah. Tentunya, ini menjadi tantangan tersendiri ketika anak-anak sudah beranjak masuk ke sekolah. 

Jangan pergi berlibur di hari liburan sekolah, untuk menghindari liburan yang penuh dengan kemacetan yang akan memicu anak-anak menjadi rewel.

Tips Memilih Hotel

Pilihlah hotel yang berada di tengah pusat tujuan wisata seperti pantai, tempat bermain anak-anak, restoran dan pusat perbelanjaan. Walaupun mungkin Anda harus membayar harga kamar yang lebih mahal, namun Anda bisa berhemat waktu dan anak-anak tidak akan bosan karena banyak tempat hiburan yang bisa di kunjungi.
  • Kolam renang : anak-anak sangat menyukai kolam renang, apalagi jika di sana mereka menyediakan seluncuran (slide) dan air terjun.
  • Ranjang Bayi : Hampir di setiap hotel yang kami pernah tempati, mereka selalu memiliki ranjang bayi untuk di sewa. Mintalah jika Anda memerlukannya.
  • Lift : Pastikan hotel yang Anda tempati memiliki lift, karena Anda akan membawa dorongan bayi.
  • TV Channel : Pastikan juga hotel tempat Anda menginap memiliki saluran chanel anak-anak yang bisa membuat mereka sibuk selama Anda beristirahat di kamar.
  • Laundry : Tanyakan apakah hotel juga memiliki jasa laundry. Anda juga akan memerlukannya jika Anda berencana berlibur lebih dari 3 hari.
  • Bathtub : Jika hotel memiliki bathtub, ajak anak-anak menikmati pengalaman mandi busa. Tuangkan botol berisi sabun yang biasa di sediakan oleh hotel ke dalam bak penuh air!

Tips Makan Hemat

Biaya makanan bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat berlibur bersama keluarga. Berikut beberapa tips untuk menjaga budget makananmu.
  • Bawa Bekal Sendiri : Jika hotel atau apartmentmu memiliki dapur dan kulkas pribadi, Anda mungkin mau mempertimbangkan untuk memasak bekal makanan selama liburan.
  • Breakfast Gratis : Ketika memesan kamar hotel, pastikan harga yang tercantum sudah termasuk makan pagi dan tanyakan apakah policy mereka memperbolehkan anak-anak di bawah umur 12 tahun untuk menikmati breakfast gratis juga.
  • Jangan makan di tempat ramai Turis : Jauhi makan di tempat-tempat yang ramai oleh turis (sudah punya nama), karena selain mahal, anak-anak bisa tidak betah di suruh menunggu terlalu ramai.

Bawa Keperluan Secukupnya

Upayakan untuk selalu meringkas barang yang Anda bawa. Ingat satu peraturan ini: Jika Anda bisa membeli barang tersebut di supermarket di tempat tujuanmu, maka bawa seperlunya saja. (Ini berlaku untuk barang seperti pampers bayi, biskuit, dll).

Libatkan anak-anak dalam kegiatan packing. Selain mengajarkan mereka untuk lebih bertanggung jawab, ini akan menghindari mereka dari rewel dengan pilihan pakaian yang akan mereka kenakan selama liburan. Ijinkan juga mereka membawa salah satu mainan yang mereka suka sebagai pengalih kebosanan mereka selama di jalan nanti.

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan seperti obat sakit kepala, perut, tetes luka dan plaster luka, dan paling penting adalah obat gosok dan lotion anti nyamuk!

Rencanakan Liburanmu

Meninggalkan rencana liburanmu pada detik detik terakhir sebelum berlibur bisa berakibat fatal. Harga kamar hotel dan tiket pesawat yang biasanya naik mendekati tanggal keberangkatan.

Mungkin saat Anda masih berlibur berdua, Anda bisa booking last minute untuk akomodasi. Namun dengan membawa anak-anak, Anda tidak akan mau mengajak mereka mencari penginapan yang kosong bukan? Paling tidak Anda harus sudah booking 2 sampai 3 malam pertama liburanmu, dengan begitu Anda masih bisa mencari penginapan berikutnya dengan lebih santai.

Jadwalkan juga kegiatanmu selama 2 hari pertama di kota tujuan, Anda tidak mau anak-anak rewel kebosanan di kamar bukan?

Diskusikan bersama Anak

Ketika hendak merancang jadwal perjalanan kalian, coba ajak anak-anak ikut serta dalam diskusi ini. Melalui diskusi tersebut Anda bisa mengetahui kegiatan apa saja yang di sukai oleh buah hatimu dan tentunya bisa mengatur destinasi mana saja yang perlu kalian datangi sehingga membuat liburan kalian lebih menyenangkan.

Konsultasi dengan Dokter

Jika buah hatimu memiliki kondisi khusus atau alergi tertentu, pastikan Anda sempatkan diri untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Beritahukan mereka tentang rencana liburanmu dan tanyakan apa saja persiapan yang harus Anda lengkapi sebelum berangkat. 

Jika perlu, tanyakan juga referensi dokter khusus untuk kondisi anakmu di tempat tujuanmu nanti.

Selalu Bersikap Positif di Setiap Masalah

Walaupun kalian telah mempersiapkan liburan sebaik mungkin, ada kalanya terjadi masalah yang di luar prediksi kita seperti delay pesawat atau pun anak tiba-tiba sakit. Selalu positif dan berikan contoh yang baik kepada buah hati kalian. Mereka akan tumbuh mengikuti sikap positif yang kalian tanamkan sedari dini.

Belajar saat Berlibur

Sempatkan waktu saat berlibur untuk mencoba sesuatu yang baru di mana Anda dan anak-anak bisa belajar hal yang baru bersama. Selain memupuk kreativitas dan mengasah keahlian anak-anak, kalian dapat menikmati waktu yang berkualitas bersama. Coba untuk pergi memancing untuk pertama kalinya, atau bangun tenda bersama saat berkemah.

Kegiatan belajar hal baru ini akan menghadirkan memori yang tidak terlupakan, dan juga anak-anak bakal memiliki cerita yang seru untuk di tuliskan pada hari pertama mereka kembali masuk sekolah (contoh: saat Pelajaran Bahasa Indonesia: Tuliskan Cerita Liburanmu Kemarin).

Nah itu tadi mengenai Tips Liburan Menyenangkan Bersama Anak Kecil Lengkap . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *