Harga Tiket Masuk dan Akses Ke Pantai Oetune Kupang NTT Terbaru

Harga Tiket Masuk dan Akses Ke Pantai Oetune Kupang NTT Terbaru

Harga Tiket Masuk dan Akses Ke Pantai Oetune – Kabupaten Timor Tengah Selatan merupakan salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang banyak menyimpan keindahan alam. Salah satu keindahan alam tersebut berupa pantai dengan pasir putihnya yang unik serta menarik untuk dikunjungi. Memang pantai sering dijadikan sebagai tempat berlibur favorit bagi keluarga, salah satu tempat wisata pantai favorit di daerah ini adalah Pantai Oetune.

Pantai Oetune Timor Tengah Selatan merupakan pantai yang cukup unik dengan hamparan pasir putihnya yang terlihat sangat menawan dan tak kalah indah dengan pantai-pantai pasir putih lainnya seperti Pantai Baron yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga Pantai Kuta yang berada di Bali. Pantai yang terletak di daerah Amanuba Selatan, Timor Tengah Selatan ini menawarkan keindahan yang sangatlah berbeda dibandingkan dengan pantai pada umumnya.
Pantai Oetune
Pantai Oetune


Selain terdapat hamparan pasir yang begitu luas dan lembut, Pantai Oetune NTT ini memiliki ombak pecah yang terlihat sangat unik pada setiap gulungannya. Di sekitar pantai terdapat juga Pohon Kasuru yang berjajar berjarak sekitar 6 – 8 meter dan bisa dipastikan memiliki usia hingga puluhan tahun. Memang Pantai Oetune sangat mirip seperti Pantai Parangtritis yang berada di Jogja, sama-sama memiliki gumuk pasir atau gurun pasir. Yang membedakannya hanya pada warna pasirnya saja.

Jika di Pantai Parangtritis memiliki warna pasir hitam, sedangkan di Pantai Oetune memiliki warna pasir putih. Kurang lebih lautan padang pasir di pantai ini luasnya mencapai 100 meter persegi layaknya gunung pasir di Negeri Timur Tengah. Wisatawan yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja, melainkan juga bisa menikmati keindahan gunung pasir ini dengan bermain-main di area gunung pasir sambil berfoto selfie.

Memang Pantai Oetune banyak yang memilih sebagai tempat untuk foto pre-wedding karena lokasinya yang indah dan menawan. Di kawasan pantai ini juga banyak sekali ditumbuhi Pohon Lontar, tak heran jika anak-anak d sekitar pantai menjajakan buah pohon lontar ini kepada pengunjung, biasanya harga per buah lontar dihargai sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 saja. Wisatawan sudah bisa menikmati segarnya air dan daging buah lontar sambil menikmati suasana serta keindahan khas Pantai Oetune.

Fasilitas Pantai Oetune

Di Pantai yang indah ini sudah tersedia berbagai fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap. Fasilitas yang ada di Pantai Oetune diantaranya seperti jajaran lopo-lopo atau rumah khas dari warga Pulau Timor, kurang lebih memiliki jumlah 7 – 9 dan 1 buah lopo induk yang berada di bagian tengahnya. Tempat ini bisa Anda gunakan untuk beristirahat dan bersantai menikmati keindahan yang ada.

Selain itu, terdapat juga fasilitas umum seperti toilet dan kamar mandi yang dapat digunakan bagi pengunjung untuk mandi dan berbilas setelah bermain air di Pantai. Di sekitar Pantai Oetune juga terdapat beberapa kios atau warung kecil yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Biasanya anak-anak lokal penduduk setempat juga menjajakan buah lontar kepada para pengunjung.

Selain itu fasilitas yang ada di pantai ini ada tempat parkir yang cukup luas, gazebo, papan informasi dan masih banyak lagi lainnya. Dengan adanya fasilitas tersebut yang sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai diharapkan mampu dimaksimalkan oleh pengunjung sehingga betah berlama-lama berada di pantai pasir putih yang indah ini. Memang pantai Pantai Oetune sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga maupun sahabat.

Lokasi Pantai Oetune

Mengenai lokasi dari Pantai Oetune berada di daerah Amanuba Selatan, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur yang lebih tepatnya beralamat di Tuafanu, Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). Sedangkan untuk Jam Buka Pantai Oetune sendiri buka selama 24 jam pada setiap harinya.

Akses Ke Pantai Oetune

Pantai Oetune kurang lebih berjarak 115 kilometer dari pusat Kota Kupang dengan memerlukan waktu tempuh perjalanan sekitar 2,5 jam sampai 3 jam lamanya. Wisatawan yang mengunjungi pantai ini dapat terlebih dahulu menyewa kendaraan yang berada di Kota Kupang ataupun menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi pantainya.

Wisatawan nantinya akan melewati Jalur Lintas Selatan yang memiliki medan berkelok-kelok dan juga naik turun bukit dan lembah. Namun di sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan keindahan alam berupa hamparan bukit serta rumah-rumah penduduk khas Timor yang tentu akan menemani perjalanan Anda. 

Pantai Oetune lokasinya berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Pantai Kolbano. Dari pantai tersebut di sebelah kanan jalan akan ada spanduk atau baliho mengenai wisata Pntau Oetune kemudian Anda tinggal belok ke arah kanan untuk mencapai pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Oetune

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan serta fasilitas yang ada di pantai ini, wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk atau HTM Pantai Oetune adalah Rp 3.000 saja per orang. Harga tiket masuk ini bisa dibilang murah. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan sepeda motor akan dikenakan tarif Rp 2.000 dan untuk kendaraan mobil dikenakan tarif Rp 5.000. Harga tiket Pantai Oetune sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Galeri Foto Pantai Oetune

Harga Tiket Masuk Pantai Oetune
Harga Tiket Masuk Pantai Oetune

Oetune Beach
Oetune Beach

Lokasi Pantai Oetune
Lokasi Pantai Oetune

Backpacker Ke Pantai Oetune
Backpacker Ke Pantai Oetune

Padang Pasir Oetune
Padang Pasir Oetune

Akses Ke Pantai Oetune
Akses Ke Pantai Oetune

Itulah ulasan mengenai Harga Tiket Masuk dan Akses Ke Pantai Oetune Terbaru. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi sobat traveling untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *